Salah satu jenis pencemaran yang paling sering kita jumpai selain pencemaran air dan juga pencemaran tanah adalah pencemaran udara. Pencemaran ini terjadi bisa karena alami dari alam sendiri atau juga karena ulah manusia.

Namun jika kita secara nyata, pasti kita pun sudah bisa menilai sendiri bahwa pencemaran yang paling sering adalah pencemaran akibat dari manusia itu sendiri.

Beberapa contoh mengenai kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran udara adalah :

  1. Asap industri atau pabrik yang setiap hari membuang gas buangan ke udara atau ke langit. Sehingga udara di sekitar pabrik tersebut pasti akan terasa panas. Dan pastinya juga membuat siapapun yang menghirup udara di sekitar pabrik tersebut pasti sesak. Makanya banyak yang menggunakan masker.
  2. Transportasi yang kian banyak sudah pasti akan menambah jumlah polusi. Di negara kita khususnya orang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi dibanding dengan kendaraan umum. Berbeda dengan negara maju yang justru di sana kendaraan pribadi tidak terlalu banyak. Bahkan masih ada yang lebih suka menggunakan sepeda.

Udara yang sudah tercemar jelas akan mengganggu kesehatan kita. Apalagi oksigen adalah udara yang kita butuhkan setiap saat. Tanpa oksigen kita semua pasti akan mati.

Nah lalu bagaimana jadinya jika oksigen itu bercampur dengan zat berbahaya? Jelas pasti yang akan terjadi adalah zat berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuh manusia.

Ujung-ujungnya pasti akan menimbulkan berbagai macam penyakit dalam. Soal pernapasan jelas pasti yang pertama terserang penyakitnya.

Daerah yang berpolusi tinggi juga berpotensi hujan asam. Dimana pada air hujan asam bisa memberikan dampak kualitas air permukaan yang buruk.

Jika terkena tanaman berpotensi tanaman jadi layu bahkan mati. Dan material besi jika terkena air hujan asam maka bisa korosif dan juga karat.

Polusi udara dari gas buangan juga sangat berpotensi untuk membuat ozon menjadi tipis. Akibatnya banyak sekali dampak seperti perubahan iklim dan juga perubahan cuaca yang sulit untuk diprediksi. Maka dari itu, sangat penting untuk kita menumbuhkan kepedulian kita terhadap alam.

Alam pun pasti akan marah apabila ia dijaga. Makanya jangan heran bencana kini saling susul menyusul berdatangan yang banyak sekali memakan korban jiwa.

Oleh karenanya, ayo bangkitkan kembali kesadaran kita untuk menjaga lingkungan terutama soal pencemaran udara.

Jangan Lupa kunjungi website MencariCara.com

Author