limbah-rumah-tanggaSaat ini keadaan lingkungan kita memang dirasa sudah merata yaitu memiliki permasalahan yang sama yaitu masalah sampah.

Nah selain kita harus untuk membiasakan diri untuk tertib membuang sampah pada tempatnya, kita juga perlu untuk mengajarkan kepada anak – anak untuk  juga ikut turut andil dalam hal tertib buang sampah.

Banyak hal yang bisa kita ajarkan kepada mereka tentang sampah dan bagaimana cara memperlakukan sampah yang benar dan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan kepada anak – anak kita.

  1. Pertama kita contohkan dulu yang benar

Hal yang pertama harus kita lakukan adalah kita harus menjadi contoh yang baik bagi mereka. Kita perlihatkan bagaimana kita sangat tertib dalam membuang sampah.

Nantinya lama – kelamaan anak pun akan ikut mengikuti kebiasaan kita. Mereka nantinya akan terbiasa sendiri dengan kebiasaan di rumah yang harus rapih dalam membuang sampah.

  1. Beri tau apa itu dampak buruk buang sampah sembarangan

Selanjutnya kita harus memberi tahu apa saja dampak buruk apabila mereka buang sampah sembarangan. Kita bisa edukasi mereka mengenai kenapa mereka harus membuang sampah pada tempatnya dan apa saja dampaknya jika kita melakukan buang sampah sembarangan. Dengan begitu anak kita jadi paham apa yang mereka harus lakukan.

  1. Jangan lupa beri tahu juga manfaatnya

Manfaat membuang sampah pada tempat nya juga harus kita edukasikan kepada mereka. Kita bisa memberikan edukasi ini melalui bacaan dongeng atau kita juga bisa mengedukasi melalui film kartun atau media lainnya yang bisa membuat mereka paham dan juga menjadi kegiatan yang menyenangkan.

  1. Jangan lupa sediakan tong sampah dirumah

Setelah kita mencontohkan dan sudah memberikan edukasi, saatnya kita juga memberikan fasilitas tong sampah yang cukup di lingkungan rumah kita. Kita memberikan tong sampah yang lucu agar mereka semakin tertarik untuk membuang sampah pada tempatnya.

Nah beberapa hal di atas ini bisa kita praktikkan kepada anak – anak kita. Tentu tips di atas ini adalah hanya sebagian contoh kecil yang bisa diterapkan. Masih banyak contoh yang bagus lainnya yang tentunya bisa kamu terapkan juga kepada anak kamu.

Author