Jika steak adalah makanan hasil olahan daging yang berasal dari mancanegara, bistik adalah sajian steak khas Indonesia. Selayaknya steak, bistik dapat dibuat dengan menggunakan daging sapi maupun daging ayam. Bisa dibilang ini adalah steak dengan kearifan lokal ya food lovers. Jika kamu ingin memakan bistik, tapi di daerah tempat tinggal kamu masih jarang tempat makan yang menyediakan sajian ini, kamu bisa memasaknya sendiri loh di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat bistik daging sapi? Simak resepnya sebagai berikut.

Resep Membuat Bistik Daging Sapi

Untuk membuat bistik daging sapi, sebaiknya gunakan daging sapi khas bagian dalam yang bebas lemak. Agar waktu memasak menjadi lebih cepat, kamu bisa menggunakan panci presto agar daging yang dimasak cepat matang dan empuk. Setelah daging empuk di panci presto barulah daging bisa dimasak dengan campuran bumbu-bumbu lainnya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat daging sapi adalah sebagai berikut.

  1. Daging sapi has dalam ½ kg
  2. Gula merah 1 sendok makan
  3. Kecap manis 2 sendok makan
  4. Garam
  5. Gula Pasir
  6. Kaldu sapi 600 ml
  7. Bawang bombai ½ butir iris
  8. Daun Bawang yang diris
  9. Air untuk merebus
  10. Minyak untuk menumis
  11. Bawang goreng untuk taburan yang dibuat dari bawang merah

Untuk membuat bistik sapi, membutuhkan bumbu-bumbu yang harus dihaluskan. Bumbu-bumbu tersebut adalah sebagai berikut.

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh merica
  4. 1 ruas jahe
  5. ¼ biji pala

Sedangkan untuk rempah-rempah lain untuk menambah aroma masakan, terdiri dari :

  1. Bunga Lawang 1 buah
  2. Kayu manis 3 cm
  3. Kapulaga 2 buah
  4. Cengkeh 3 butir

Selanjutnya adalah bagaimana cara memasaknya, ini dia langkah-langkah memasak bistik daging sapi yang lezat :

  1. Rebus daging terlebih dahulu agar empuk.
  2. Sisakan air rebusannya untuk kaldu.
  3. Tumis bumbu halus hingga beraroma sedap.
  4. Masukkan rempah-rempah.
  5. Aduk bumbu dan rempah hingga merata.
  6. Masukkan daging yang telah direbus sebelumnya.
  7. Tambahkan air kaldu, gula, kecap manis, garam, dan gula pasir.
  8. Masaklah hingga mendidih dan kuahnya meresap ke dalam daging.
  9. Masukkan irisan bawang bombai dan daun bawang.
  10. Aduk-aduk hingga layu.
  11. Cicipi agar mengetahui apakah rasanya sudah pas.
  12. Angkatlah ketika kuah sudah mengental.
  13. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

Untuk membuat bistik yang enak, tentunya membutuhkan daging yang berkualitas dan memang cocok untuk membuat steak. Kenalilah bagian-bagian daging sapi untuk membuat bistik. Walaupun di Indonesia sendiri, tidak ada standar jenis bagian daging untuk masakan tertentu, tapi tak ada salahnya jika kita mengetahui bagian-bagian daging sapi terbaik untuk membuat masakan lezat.

Mengenal Jenis Bagian Daging Sapi

Daging sapi memiliki bagian-bagian tertentu yang memiliki rasa paling enak ketika dikonsumsi. Berikut ini jenis bagian daging sapi untuk membuat olahan daging terbaik.

  1. Ternderloin

Bagian daging yang satu ini merupakan bagian daging yang paling empuk jika dibandingkan dengan bagian lainnya. Harga daging sapi bagian ini jelas lebih mahal. Hal ini disebabkan bagian ini mengandung lemak yang sedikit. Bagian ini sering kali dijadikan bahan utama untuk membuat steak, semur, dan sate sapi. Daging ini tidak memiliki serat atau otot didagingnya, jadi soal rasa sudah terjamin ya.

  1. Sirloin

Bagian ini sering disebut dengan daging has luar. Harga daging bagian ini lebih rendah jika dibandingkan dengan tenderloin yang mahal. Tingkat keempukannya juga berada di bawah tenderloin. Daging bagian ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan steak sirloin. Steak sirloin memiliki rasa yang unik, karena adanya lemak di bagian pinggirnya. Hal ini menjadikan rasa daging ini lebih gurih.

  1. Ribs

Bagian daging yang satu ini banyak ditemui di pasar. Bagian ini biasa dikenal dengan iga sapi. Tekstur daging ini kenyal dan cocok juga dimasak menjadi steak. Di Makassar sendiri bagian daging ini biasa dibuat menjadi bahan sup konro. Daging bagian ini juga memiliki lemak sehingga akan sangat nikmat ketika dipanggang.

  1. Chuck

Bagian ini memiliki tekstur yang kenyal dan cocok untuk membuat bakso atau burger. Bagian ini diambil dari bagian leher sapi hingga paha. Ciri bagian daging ini memiliki urat serta kasar. Daging ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk bisa empuk sempurna.

  1. Round

Round memiliki bagian-bagian daging lagi yaitu tanjung, kelapa dan gandik. Bagian tanjung biasanya dijual dalam bentuk lembaran tipis-tipis dengan lemak di pinggirnya. Bagian ini sering digunakan sebagai lapisan untuk menggulung bahan isian atau bahkan dijadikan steak. Sedangkan bagian kelapa dan gandik memiliki ukuran yang cukup tebal jika dibandingkan dengan tanjung. Bagian ini memiliki tekstur kasar dan kaya serat daging. Bagian ini cocok untuk membuat empal, dendeng dan rendang.

  1. Brisket

Brisket terletak di bawah ketiak sapi. Di pasaran nama daging bagian ini lebih dikenal dengan nama sandung lamur. Daging bagian ini memiliki lapisan lemak yang keras dan rasanya gak alot. Bagian ini cocok untuk membuat rawon atau sup.

  1. Flank

Bagian ini merupakan potongan tipis memanjang dari bagian otot perut sapi. Teksturnya agak keras, sehingga sebelum memasak harus dilunakkan dengan dipukul-pukul terlebih dahulu. Bagian ini cocok untuk dibuat oseng daging sapi

  1. Shank

Bagian ini merupakan bagian kaki sapi yang cocok untuk dibuat bahan kaldu atau bakso urat. Rasanya cukup keras karena mengandung banyak serat kasar dan otot.

Demikianlah resep membuat bistik lezat dan nikmat. Selain resep kamu juga bisa mulai belajar tentang bagian-bagian daging sapi. Memilih bahan baku untuk membuat steak juga penting. Tak ada salahnya memelajari bagian daging sapi yang cocok untuk berbagai masakan. Masakan kamu akan lebih maksimal rasanya ketika kamu pandai memilih bahan baku. Jadi tunggu apalagi segera buatlah masakan steak ini untuk keluarga maupun orang-orang yang Anda sayangi.

Author